Meirisa Sahanata

universitas jambi

27 September 2017 13:44  |   5 Hits Elearning

Menurut Darin E. Hartley (2001) e-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media internet, intranet atau media jaringan komputer lainnya.

Sedangkan Thomas Toht (2003) menyatakan bahwa E-learning adalah semua yang mencakup pemanfaatan komputer dalam menunjang peningkatan kualitas pembelajaran, termasuk di dalamnya penggunaan mobile technologies seperti PDA dan MP3 players. Juga penggunaan teaching materials berbasis web dan  hypermedia, multimedia CD-ROM atau web sites, forum diskusi, perangkat lunak kolaboratif, e-mail, blogs, wikis, komputer aided assessment, animasi pendidkan, simulasi, permainan, perangkat lunak manajemen pembelajaran, electronic voting systems, dan lain-lain. Juga dapat berupa kombinasi dari penggunaan media yang berbeda.

Berdasarkan modu1-ICT instruction bahwa e-learning melibatkan penggunaan ICT-teknologi multimedia dan internet untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memfasilitasi akses ke sumber-sumber dan pelayanan sehingga memungkinkan dilakukannya kolaborasi dan pertukaran informasi.

Dari pengertian-pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa e-learning merupakan sebuah system pembelajaran yang memanfaatkan segala bentuk aplikasi elektronik dalam proses penyampaiannya yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran baik real time maupun tidak.

Matematika merupakan dasar dari berbagai ilmu yang ada. Misalnya dalam fisika, operasi-operasi penghitungan rumus-rumus fisika jelas menggunakan matematika. Lalu dalam ilmu ekonomi pun matematika jelas digunakan seperti dalam menghitung dan menggambar grafik penawaran dan permintaan. Selain itu, sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari kita pun sering berpikir secara matematis. Selain sebagai dasar dari berbagai ilmu, matematika juga merupakan dasar dari berbagai bidang terapan, seperti dalam bidang teknologi informasi dan komputer.

Disinilah peran Teknologi Informasi dan komputer diperlukan, dimana dalam pembelajaran, Komputer dapat menyajiakan grafik -grafik dan video pembelajaran matematika sehingga peserta didik dapat menerima pelajaran matematika lebih mudah. Selain menyajikan grafik – grafik dan video pembelajaran matematika, komputer juga dapat menyajikan obyek – obyek pengganti alat peraga seperti bangun ruang.
Bagian dari matematika yang paling sering digunakan pada komputer adalah Algoritma. Algoritma adalah langkah-langkah yang runtut, logis dan bertahap untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Nah, komputer itu bekerja berdasarkan perintah-perintah yang dimasukkan oleh pengguna komputer. Perintah-perintah yang dimasukkan itulah yang dianggap sebagai logaritma, karena perintah-perintah itu diproses secara runtut, logis dan bertahap. Program komputer merupakan realisasi teknis dari algoritma karena algoritma dikodekan ke dalam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman komputer menggunakan kode biner yang dilambangkan oleh angka 0 dan 1. Hal ini menunjukkan bahwa matematika sangat berperan dalam komputer dan teknologi informasi.

Sumber:

https://railsacantik.wordpress.com/2015/10/30/penerapan-e-learning-dalam-pembelajaran-matematika/

https://navelmangelep.wordpress.com/tag/e-learning-dalam-pembelajaran-matematika/

User Login

Mendaftar